Free Ongkir
Untuk COD wilayah Kota Semarang min 200.000, bebas ongkos kirim
Diskon Setiap Hari
Dapatkan diskon setiap hari untuk produk-produk andalan Lamalif Herbal
Reseller Welcome
Untuk harga reseller silahkan kontak 085848877994

Benalu Teh

benalu-tehBenalu adalah tumbuhan parasit yang hidup dengan menumpang dan menggerogoti tumbuhan lain yang menjadi inangnya. Ia secara rutin menyerap sari pati tumbuhan inang dan menggunakannya untuk proses metabolisme dalam tubuhnya. Hasilnya, tentu saja tumbuhan yang menjadi inang akan menjadi terganggu untuk melakukan proses metabolisme. Inilah yang menjadikan benalu sebagai musuh bagi para pekebun.

Namun tahukah Anda, tidak semua benalu selalu membawa dampak yang merugikan? Diantaranya bahkan memiliki efek yang sangat positif bagi kesehatan karena dapat menjadi obat terhadap berbagai penyakit. Diantara jenis benalu yang hingga kini banyak dicari untuk pengobatan adalah benalu teh. Benalu teh diyakini mampu mengobati penyakit seperti cacar air, diare, cacingan, amandel dan batuk. Bahkan di Korea dan China benalu teh sudah sejak lama digunakan untuk mengobati kanker. Dan inilah manfaat benalu teh yang paling terkenal.

Benalu teh (scurrula antropurpurea) biasanya tumbuh berkembang di perkebunan teh yang tak terurus baik. Awalnya benalu teh tumbuh begitu saja dan menumpang di batang tanamah teh. Namun semenjak diketahuinya khasiat menakjubkan dari benalu teh ini, semakin banyak orang yang sengaja membudidayakan benalu teh. Caranya pun sangat mudah, cukup taburkan benih ke batang teh, benalu pun akan tumbuh. Namun untuk memanen butuh waktu yang cukup lama, yaitu 3 tahun.

Senyawa aktif yang terkandung daun dan batang benalu teh antara lain quersitrin, alkaloida, saponin, flavonoid dan tanin. Jumlah dan berapa jenis senyawa aktif yang ada tergantung jenis tanaman induknya. Dari senyawa-senyawa tersebut, benalu teh mampu membawa efek positif bagi kesehatan sebagai obat antiradang, antibakteri, diuretic, hipotensif dan antiproliferasi yang sangat ampuh untuk mencegah dan menghentikan penyebaran sel-sel kanker.

 

Antikanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr.Hendig Winarno, salah seorang peneliti BATAN mampu membuktikan khasiat benalu sebagai obat antikanker. Dalam penelitian yang dilakukan selama 3 tahun itu, Dr. Winarno melakukan isolasi terhadap 16 senyawa dari benalu. Didapat hasil, bahwa salah satu senyawa yaitu Oktadeka-8,10,12-asam trinoat ternyata mampu menghambat gempuran kanker 99,4% pada konsentrasi 10mg/ml. Senyawa tersebut merupakan asam lemak tak jenuh dan mengandung atom karbon 18. Dari hasil itulah diyakini bahwa Oktadeka-8,10,12-asam trinoat mampu bekerja sebagai antikanker.

Sebagai obat tradisional kanker, benalu teh biasanya tidak digunakan secara tunggal atau tidak bekerja sendiri.  Untuk mengatasi kanker atau tumor, benalu teh biasanya dikombinasi dengan sambiloto, kulit buah delima dan tabat barito. Benalu dan tabat barito bertugas sebagai penghancur sel-sel kanker sementara sambiloto menjadi stimulator kekebalan tubuh, membuat antibody sebagai pertahanan tubuh serta merangsang sel makrofag untuk lebih aktif menghancurkan zat-zat asing. Adapun kulit buah delima, dia berfungsi untuk menghentikan pendarahan.

 

Resep Kanker

Berikut kami berikan sedikit resep untuk membuat ramuan tradisional benalu teh sebagai obat kanker.

Bahan :
–  Benalu Teh (scurrula antropurpurea) kering 15 gr
–  Kunir Putih (curcuma zedoaria) kering 2 gr
–  Temulawak (curcuma xanthorrhiza) kering 2 gr

 

Cara membuat :
Semua bahan direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Angkat, saring, dan diamkan hingga dingin. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari sesudah makan masing-masing ½ gelas.

Semoga bermanfaat…

Keranjang>>